Rainbow Pinwheel Pointer

Kamis, 15 September 2016

Awalnya Iseng, Kini Tanaman Eceng Gondok Warga Sekadau ini Makin Banyak


SEKADAU - Eceng Gondok merupakan salah satu tumbuhan yang hidup di air. Tidak sedikit manfaat dari tumbuhan tersebut.
Dan apabila dipelihara dengan baik, maka tumbuhan ini juga akan tampak indah.
Anen satu diantara warga Sekadau memelihara tumbuhan Eceng Gondok di halaman rumahnya.
Warga Dusun Lamau Desa Perongkang Kecamatan Sekadau Hulu ini, awalnya hanya iseng memelihara tumbuhan tersebut, ia mengambil dua bibit dari temannya lalu diletakkan di kolam.
“Awalnya hanya dua saya taruh di kolam, lama-lama makin banyak,” ujarnya saat ditemui Tribun di kediamannya pada Kamis, (15/9/2016).
Ia pun mengaku, dirinya tidak mengetahui manfaat lain dari Eceng Gondok yang ditanaminya.Ia hanya mengatakan, Eceng Gondok yang ditanami di kolamya hanya untuk menyejukkan ikan yang dipeliharanya di dalam kolam.
Ayah dua anak ini menuturkan, dikolam tersebut ada ikan yang dipeliharanya seperti nila dan lele jumbo.
Awalnya, kata dia, hanya dua batang saja yang ditanami dikolam yang berukuran 4x8 meter itu lama kelamaan tumbuhan tersebut semakin banyak.
“Tidak tahu kalo ada manfaat lain, saya hanya tanam untuk dinginkan ikan didalam kolam, ada ikan lele ikan nila. Karena kolamnya pinggir jalan kan panas jadi saya tanam Eceng Gondok biar dingin ikannya,” jelas Anen
Anen menyadari, jika tanpa ditanampun biasanya Eceng Gondok mudah tumbuh bahkan tak hanya di kolam, di parit sekalipun bisa tumbuh.
Namun, Anen juga menyadari bunga-bunga pada Eceng Gondok itu memberikan keindahan tersendiri baginya.
“Kalau banyak bunganya sangat bagus sekali. Sejauh ini saya belum benar-benar memanfaatkan secara luas Eceng Gondok ini. Karena awal tujuannya bukan untuk budidaya,” kata dia.Tapi, kata Anen, dirinya masih belajar untuk bisa membuat kerajinan yang berasal dari Eceng Gondok.
Terlebih, Eceng Gondok yang ada pada kolamnya tersebut saat ini baru memasuki empat bulan.


Sumber :TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar